Kondisi kaki, terutama pada bagian tumit, yang melakukan banyak aktivitas sangat berpotensi untuk menimbulkan kelelahan. Kulit kaki yang sering bersentuhan dengan berbagai jenis alas kaki dan kondisi ruangan tempat beraktivitas dapat berubah tekstur kulit menjadi kering, kasar, kusam dan pecah – pecah. Keadaan ini jelas akan mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa  tidak nyaman. Jika terus menerus dibiarkan akan menyebabkan   luka dan rasa sakit  pada telapak kaki.

Kaki kering dan pecah – pecah dapat dicegah dengan menggunakan alas kaki yang bertekstur tidak kasar dan cocok dengan kulit kaki. Aktivitas di ruangan dingin dapat diminimalkan dan secara periodik dioleskan krim pelembab untuk kaki.

Sebab lain kaki kering dan pecah – pecah, bisa terdapat pada pembersih yang kita gunakan misalnya kontraksi dari deterjen yang tidak bisa di terima oleh  kulit / tumit kaki kita,  kelembapan kulit akan hilang dalam jumlah besar karna kandungan dari deterjen tersebut.

Sebab dari Usia seseorang juga mempengaruhi usia kulit yang tidak lagi sesegar dan secerah  saat usia dini , penurunan kualitas ini juga merupakan faktor –faktor dalam pecah nya kulit tumit kaki, hal ini harus segera disikapi dengan menggunakan krim – krim untuk melembabkan kulit tumit kaki.

Perawatan tumit kaki sebenarnya cukup sederhana :

  1. Kebersihan kaki harus dijaga.
  2. Kurangi kontraksi kulit kaki dengan benda- benda yang menurut anda kulit kaki / tumit kaki anda tidak dapat menahannya.
  3. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kulit, tidak kasar / gunakan media yang kiranya tidak mengundang kontraksi keras terhadap kulit.
  4. Menjaga kelembapan tumit kaki, gunakan pelembab krim yang nyaman, dan cocok untuk kulit anda , tentukan krim yang nyaman ,dan tidak memberikan efek samping dari penggunaan tersebut.
  5. Banyak minum Air putih, Air putih mencegah tubuh kita dari dehidrasi,  sehingga apabila asupan air minum yang kita konsumsi cukup untuk tubuh kita, maka kulit akan terjaga kelembabannya , kulit tidak kekurangan oksigen, dan tidak kering.
  6. Bila kulit kaki termasuk jenis kulit yang mudah  kering, dapat digunakan kaos kaki selama beraktivitas.

Kandungan yang dapat membantu perawatan tumit kaki yang rusak , pecah –pecah  dan  kering :

  1. Portulaca Extract

Portulaca memiliki efek anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa lelah pada kaki dan mengurangi pecah – pecah pada tumit dan telapak kaki.

  1. Alpha Tocopherol

Vitamin E berfungsi untuk memberi nutrisi kulit, melembabkan dan mengurangi warna kusam kaki yang kering dan pecah – pecah.

  1. Jojoba Oil

Kandungan Jojoba Oil sebagai moisturizer, melembabkan, menghaluskan dan dapat melembutkan tekstur kaki yang kasar.

LITERATUR

  1. Anonymous, 1995, Medical Herb Index in Indonesia 2nd Edition, PT Eisai, Indonesia.
  2. Dalimarta Setiawan, 2003, Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 3, Puspa warna, Jakarta.hal 108

Obat Herbal untuk merawat tumit kaki yang rusak dan kering pecah-pecah .